halo…

kali ini saya akan posting artikel tentang SISTEM OPERASI..

hal pertama yang muncul dalma pikiran kita adalah “Apa itu Sistem Operasi??”

Sistem Operasi  atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Selanjutnya saya akan  menjelaskan tentang beberapa istilah yang ada dalam Sistem Operasi. apabila kita sudah mulai mempelajari tentang Sistem Operasi maka tentunya kita akan bertemu dengan beberapa istilah berikut yaitu Multiprogramming, Multiprocessing, Multitasking, dan Time Sharing.

dan berikut adalah penjelasan singkat yang saya dapatkan dari wikipedia..

  • Multiprogramming

Alokasi dari suatu sistem komputer dan sumber dayanya secara berbarengan  untuk lebih dari satu aplikasi, pekerjaan atau pengguna( “program” di nomenklatur ini). Pengertian yang lainnya adalah salah satu teknik penjadwalan dimana tugas (task) yang sedang berjalan tetap berjalan sampai ia melakukan operasi yang membutuhkan waktu untuk menunggu respon dari luar (external event), misalnya membaca data dari disket/CD/dsb, atau sampai komputer memaksa untuk menukar tugas yang sedang berjalan dengan tugas lainnya. Sistem operasi yang menggunakan multi-program sebagai scheduler-nya bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan CPU.

  • Multiprocessing

Kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini juga dapat merujuk kepada dukungan sebuah sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan mengalokasikan tugas kepada prosesor-prosesor tersebut.

  • Multitasking

Sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama. Dalam kasus sebuah komputer dengan prosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat bekerja dalam satu waktu, berarti bahwa CPU tersebut secara aktif mengolah instruksi untuk satu pekerjaan tersebut.

  • Timesharing

Berbagi suatu sumber daya komputasi antara banyak pengguna dengan maksud multiprogramming dan multitasking. Dengan mengijinkan sejumlah besar pengguna untuk saling berinteraksi secara bersamaan dengan komputer tunggal, timesharing dapat menghemat biaya untuk penyediaan computing capability, yang memungkinkan untuk individu dan organisasi untuk mempergunakan satu komputer tanpa memiliki satu, dan memperkenalkan penggunaan interaktif dari komputer dan pembuatan aplikasi yang interaktif.

Sekarang perbedaan dari Multiprogramming, Multiprocessing, Multitasking, dan juga Time sharing terletak pada tempat proses ini bekerja. Kita tahu bahwa semua proses ini tentunya berhubungan dengan CPU (Central Processing Unit), tapi ada yang proses yang bekerja dengan CPU sebagai hardware seperti MULTIPROCESSING.  Multiprocessing sering diimplementasikan dalam perangkat keras (dengan menggunakan beberapa CPU sekaligus). Seperti pada pengertian yang sudah saya sebutkan diatas bahwa dimungkinkan untuk user menggunakan 2 CPU dengan tujuan agar pemrosesan dapat dilakukan secara serentak. Sementara MULTIPROGRAMMING sering digunakan dalam perangkat lunak. Dalam sistem multi-program, pekerjaan yang sedang diolah terus berjalan hingga membutuhkan suatu operasi yang memerlukan interaksi dari luar. (e.g. membaca dari tape). Sistem multi-program didesain untuk memaksimalkan penggunaan CPU. Dalam sistem time-sharing , pekerjaan yang sedang diolah diharuskan melepaskan kerja CPU, baik secara sukarela atau dari interaksi luar, seperti interupsi-perangkat-keras. Sistem Time-sharing didesain untuk memperbolehkan beberapa program seolah diproses secara bersamaan. Dalam proses time-sharing ini ia harus melepaskan dari interaksi luar sedangkan multiprogramming membutuhkan interaksi dari luar tersebut. Multitasking memecahkan masalah ini dengan memjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan. Kondisi mengalokasikan CPU dari pekerjaan satu ke pekerjaan yang lain disebut context switch. Ketika context switch terjadi dengan sangat cepat — kondisi ini cukup untuk memberikan ilusi pengolahan-paralel. Bahkan dalam komputer yang memiliki lebih dari satu CPU disebut multi-prosesor, multitasking memperbolehkan lebih banyak pekerjaan dijalankan dibanding dengan jumlah CPU yang tersedia.

Sampai disini saja postingan saya tentang istilah-istilah dalam sistem operasi..

semoga dapat berguna bagi teman-teman yang sedang kebingungan ataupun sedang mempelajari tentang Sistem Operasi.

Sekian dan Terimakasih…