Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata efektif berarti: 1 ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); 2 manjur atau mujarab (tt obat); 3 dapat membawa hasil; berhasil guna (tt usaha, tindakan); mangkus; 4 mulai berlaku (tt undang-undang, peraturan). Sehingga berdasarkan pengertian diatas dan pemikiran mendalam, efektif mengandung pengertian sebagai pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif, membuat keputusan yang tepat dan sukses dalam mengimplementasikannya, melakukan hal yang tepat, dengan tepat, di waktu yang tepat. Dan Efektifitas adalah pengukuran keberhasilan pencapaian tujuan yang telah ditentukan (Tingkat pencapaian tujuan). Misalnya jika suatu pekerjaan dapat selesai dan tercapai tujuannya dengan pemilihan cara-cara yang sudah ditentukan, maka cara tersebut adalah benar atau efektif. Dalam teknik sipil, misalnya pekerjaan fondasi telah selesai sesuai tujuannya dengan metode tiang pancang, maka cara tersebut efektif.

Sedangkan arti kata efisien berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu: 1 tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dng tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya); 2 mampu menjalankan tugas dng tepat dan cermat; berdaya guna; bertepat guna; sangkil. Sehingga berdasarkan pengertian diatas dan pemikiran mendalam, efisien mengandung pengertian sebagai penggunaan sumber daya minimal untuk menghasilkan output dengan volume yang diharapkan (hasil yang optimum), menggunakan sumber daya secara bijak dan hemat, pengoperasian dengan sesuai sehingga tidak ada sumber daya yang terbuang. Efisiensi menganggap bahwa tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara yang paling baik untuk mencapai tujuan tersebut. Efisiensi hanya dapat dievaluasi dengan penilaian-penilaian relatif, membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima. Misalnya suatu pekerjaan dapat dikerjakan dengan cara A dan cara B. Untuk cara A dapat dikerjakan selama 1 jam sedangkan cara B dikerjakan dengan waktu 3 jam. dengan begitu dengan cara A (cara yang benar) baru bisa dikatakan cara yang efisien bila dibandingkan dengan cara B. Contoh lain dalam teknik sipil, misalnya pekerjaan galian timbunan, dipilih trase dengan volume galian dan timbunan dengan volume kecil sehingga efisien hemat dalam dana dan waktu.

Jadi, efektif yaitu pencapaian tujuan secara teknik. Dan efisien yaitu penggunaan sumber daya minimal dari segi ekonomi.