Assalamu’alaikum Wr, Wb………………………….!!!!!!!!!!!

Hai…Teman – Teman……..!!! ^_^

Saya diberi tugas oleh dosen komputer saya, saya disuru mencoba menggunakan Speech Recognition Software Record. Terus didalam hati saya bertanya – tanya  Apa itu Speech Recognition Software Record ?? Dari hasil penelusuran saya, kalau dari terjemahan (bebasnya) ke dalam bahasa Indonesia yaitu  software perekam dan pengenal suara. ^_^

Pengertian Speech Recognition Software Record..

Speech Recognition adalah proses konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh microphone atau telepon, untuk merangkai kata kata. Kata – kata yang dikenali bisa jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah aplikasi seperti command & control, penginputan data, dan persiapan dokumen.
Speech recognizer yang pertama keluar di tahun 1952. Salah satu perangkat speech recognizer adalah IBM Shoebox, yang dikeluarkan pada 1963 melalui New York World’s Fair.

apa hubungannya dengan windows 7??? Sebenarnya speech recognition sudah ada di windows vista. Tetapi bila dilihat dari isu penggunaan windows vista yang kurang digemari oleh masyarakat, jadi bisa disimpulkan penggunaan seluruh fitur vista tidak efektif dan perfect. Beda dengan windows 7 yang sudah di kabarkan ‘lebih baik dan cepat’ dari vista. Saya rasa fitur speech recognition akan booming sekali di windows 7.


Seperti halnya keyboard yang membuat user bisa memasukan perintah ke dalam komputer, dan mouse untuk mengubah posisi dimana anda inginkan, menjalankan file, speech adalah sebuah dimensi baru dari dengan kontrol yang fokus terhadap perintah, bukan lokasi. Jadi kita tinggal mengatakan perintah dengan bahasa inggris lalu komputer akan menjalankan perintah kita. Hal ini juga bisa dilakukan untuk pengetikan, ternyata mengetiknya jadi mudah tho? ^_^

Dan pronouncesnya harus bagus. Bila pronounces kita tidak pas kemungkinan besar windows tidak mengenali dan eksekusi perintah tidak bisa dijalankan.
Speech Recognition di windows 7 membuat kita bisa memerintah PC dengan suara kita dengan kemampuan untuk mendikte hampir ke berbagai aplikasi. Kita  dapat mendikte dokumen dan

email dan berinternetan ria dengan mengatakan apa yang kita lihat. Windows 7 memang benar – benar modern dan menggunakan pemrograman yang canggih !! wuih…keren kan… ^_^

Tips & Trik Menggunakan Speech Recognition
Sebelum anda menggunakan fitur ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Tidak seperti mouse dan keyboard, dimana tekanan jari dikonversikan ke tekanan elektronik konstan, sedangkan suara memiliki variasi – variasi. Jadi software-nya perlu dilatih. Dilatih? (baru denger software dilatih)

* Pertama – tama, yaitu hardware yang digunakan. Yaitu membutuhkan microphone yang bagus. Hindarilah microphone yang murah karena biasanya mereka menimbulkan berbagai suara. Saya sendiri menggunakan merk Logitech headset yang udah microphone dan speaker yang ada fitur clear chat-nya (tidak bermaksud promosi, hanya kasih tau pengalaman saja). Sehingga tidak menimbulkan kesan bising.
* Kedua, buatlah voice profile dan latihlah komputer untuk mengidentifikasi suara dan pronouncesnya. Tenang saja, windows sudah menyertakan speech training tutorialnya kok…Caranya:

-> Klik the Start button

-> Klik Control Panel

-> Klik Ease of Access

-> Klik Speech Recognition

-> Klik Take Speech Tutorial

Oia … Speech Recognition hanya tersedia di bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Jepang, China.
By the why… ternyata ada juga lho

Cara Menggunakan Speech Recognition di Microsoft Office ^_^

Kita  juga dapat memerintahkan Microsoft Office dengan menggunakan suara atau biasa disebut speech recognition sama seperti dengan Windows Media Player. Selain itu, Anda dapat pula mendikte atau memilih menu, toolbar, dan kotak dialog pakai suara (dengan bahasa Inggris).

Belum pernah menggunakan aplikasi ini? kita bisa melakukan installasi dengan mengklik “Speech” pada menu Tools di Microsoft Word, atau menjalankan Custom installation pada saat instalasi Microsoft Office. Setelah terinstal, tombol Speech akan muncul di menu Tools di semua program Microsoft Office.

Untuk mulai menggunakannya, kita memerlukan sebuah mikrofon yang terhubung dengan sound card atau USB, komputer dengan kecepatan minimal 400MHz atau lebih, RAM minimal 128MB atau lebih, dan Windows 98 sampai yang terbaru.

Ada dua pilihan mode yang disediakan fitur ini, yakni Voice Command dan Dictation. Mode Voice Command memungkinkan Anda memberikan perintah pada Microsoft Word, misalnya untuk memilih menu, toolbar, kotak dialog, atau untuk mengubah format dokumen. Sedangkan untuk mendikte Microsoft Word sehingga Anda tidak perlu lagi mengetikkannya dengan keyboard, pilih mode Dictation. Untuk berpindah antara mode Voice Command dan Dictation, klik saja tombol pada Language bar atau dengan mengatakan “voice command” atau “dictation” di mikrofon.
Contoh speech recognition untuk mengubah font via suara:
1. Untuk membuka kotak Font pada toolbar Formatting, katakan: “font”.
2. Untuk mengganti font dari Times New Roman ke Verdana, katakan: “verdana”.

Dalam menggunakan Speech Recognition Software kita dapat :
1. Belajar cara berbicara dengan komputer dengan tutorial yang akan mengajarkan penggunaan perintah-perintah dengan Speech Recognition.
2. Melatih komputer untuk memahami suara yang diinputkan. Speech Recognition menggunakan sebuah profil unik suara untuk mengenali suara dan perintah. Semakin sering dan banyak menggunakan Speech Recognition, maka akan semakin detil profil karakter suara seseorang, hal ini akan meningkatkan kemampuan komputer untuk memahami suara seseorang.

Setelah menggunakan Speech Recognition Software dapat diperoleh manfaat sebagai berikut :
1. Mengajukan Pertanyaan

Temukan cara untuk melakukan tugas pada PC dengan bertanya “How do I”. Contohnya jika seorang pengguna ingin mengetahui cara merubah tema desktop, pengguna cukup menanyakan “How do I chosen the program microsoft?”
Lalu komputer akan merespon sesuai perintah dan akan menuntun pengguna tentang cara memilih progam mikrosoft.
2. Memeperbaiki kata yang tidak dikenal
Jika Speech Recognition tidak mengenali suatu perintah, maka pengguna dapat memperbaiki kata-kata yang tidak dikenali tersebut dengan memilih alternatif yang telah disediakan atau dengan mengeja kata tersebut.
3. Menggunakan Perintah untuk Mendiktekan
Mengalamatkan email dan dokumen, membuat perbaikan, dan menyimpan pekerjaan dengan memerintahkan komputer untuk mendiktekan.
4. Memperhatikan Cara Program Beradaptasi dengan Pengguna
Setiap individu mempunyai suara dan intonasi yang unik, Speech Recognition mempelajari cara mengatur seluk-beluk nada perintah. Software lunak mempelajari perintah-perintah yang biasanya digunakan oleh pengguna dan meningkatkan interaksi perintah tersebut dengan komputer.
Kesulitan yang dialami dalam menggunakan Speech Recognition Software antara lain :
1. Pengucapan kalimat atau kata dalam bahasa inggris harus benar.
2. Suara harus keras dan jelas.
3. Pelafalan juga harus jelas.
4. Bila suara tidak jelas maka perintah yang dijalankan komputer tidak benar/salah.
5. Begitu juga dengan pengucapannya jika salah dan tidak jelas, komputer tidak melaksanakan instruksi yang diberikan.
6. Intonasi dilakukan secara pelan, namun harus benar.

Pengucapan kalimat atau kata dalam bahasa inggris harus benar, Suara harus keras dan jelas, Pelafalan juga harus jelas, Bila suara tidak jelas maka perintah yang dijalankan komputer tidak benar/salah.
5. Begitu juga dengan pengucapannya jika salah dan tidak jelas, komputer tidak melaksanakan instruksi yang diberikan.
6. Intonasi dilakukan secara pelan, namun harus benar .

(kalimat pertama yang saya ucapkan untuk mencobanya yaitu How do I chosen the program microsoft?) ^_^

TERIMAKASIH ATAS PERHATIANYA

WASSALAMU’ALAIKUM WR,WB… ^_^