Speech Recognition

Pengertian Speech Recognition Software Record..

Speech Recognition adalah proses konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh microphone atau telepon, untuk merangkai kata kata. Kata – kata yang dikenali bisa jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah aplikasi seperti command & control, penginputan data, dan persiapan dokumen.
Speech recognizer yang pertama keluar di tahun 1952. Salah satu perangkat speech recognizer adalah IBM Shoebox, yang dikeluarkan pada 1963 melalui New York World’s Fair.
Seperti halnya keyboard yang membuat user bisa memasukan perintah ke dalam komputer, dan mouse untuk mengubah posisi dimana anda inginkan, menjalankan file, speech adalah sebuah dimensi baru dari dengan kontrol yang fokus terhadap perintah, bukan lokasi. Jadi kita tinggal mengatakan perintah dengan bahasa inggris lalu komputer akan menjalankan perintah kita. Hal ini juga bisa dilakukan untuk pengetikan, ternyata mengetiknya jadi mudahkan? ?

Dan pronouncesnya harus bagus. Bila pronounces kita tidak pas kemungkinan besar windows tidak mengenali dan eksekusi perintah tidak bisa dijalankan.
Speech Recognition di windows 7 membuat kita bisa memerintah PC dengan suara kita dengan kemampuan untuk mendikte hampir ke berbagai aplikasi.

Tips & Trik Menggunakan Speech Recognition
Sebelum anda menggunakan fitur ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Tidak seperti mouse dan keyboard, dimana tekanan jari dikonversikan ke tekanan elektronik konstan, sedangkan suara memiliki variasi – variasi. Jadi software-nya perlu dilatih.

–  Pertama – tama, yaitu hardware yang digunakan. Yaitu membutuhkan microphone yang bagus. Hindarilah microphone yang murah karena biasanya mereka menimbulkan berbagai suara.

– Kedua, buatlah voice profile dan latihlah komputer untuk mengidentifikasi suara dan pronouncesnya. Tenang saja, windows sudah menyertakan speech training tutorialnya, caranya seperti berikut

-> Klik the Start button

-> Klik Control Panel

-> Klik Ease of Access

-> Klik Speech Recognition

-> Klik Take Speech Tutorial

Speech Recognition sendiri hanya tersedia dalam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Jepang, China.

Untuk penggunaan speech recognition

-> klik tombol pada kotak suara

-> ucapkan start    

-> ucapkan winamp

-> aplikasi terbuka dan siap unuk di jalankan

-> untuk menutupnya katakan close

Kesulitan yang dialami dalam menggunakan Speech Recognition Software antara lain :
1. Pengucapan kalimat atau kata dalam bahasa inggris harus benar.
2. Suara harus keras dan jelas.
3. Pelafalan juga harus jelas.
4. Bila suara tidak jelas maka perintah yang dijalankan komputer tidak benar/salah.
5. Begitu juga dengan pengucapannya jika salah dan tidak jelas, komputer tidak melaksanakan instruksi yang diberikan.
6. Intonasi dilakukan secara pelan, namun harus benar.